Sabtu, 30 Januari 2016

kepemimpinan

KEPEMIMPINAN

1.             Teori Pemimpin dan Kepemimpinan
Terdapat beberapa pendapat para ahli mengenai kepemimpinan. Hal tersebut antara lain disebabkan karena sudut pandang yang berbeda. Beberapa pengertian kepemimpinan antara lain:
a.              Leadership is the exercise of authority and the making of decision(Dubin, 1951).
b.             Leadership is the process or in fluencing group activities toward goal setting and goal achievement (Stodgill, 1950).
c.              The leader is one who succeds in getting others to follow him(Cowley, 1953).
d.             The leader is one who creates the most effective cange in group performance (Cattel, 1953).
e.              The leader is that person identified and accepted as such by his followers(Stanford, 1949).
Berdasarkan contoh di atas memberikan gambaran bervariasi para ahli memberikan pengertian mengenai pemimpin dan kepemimpinan. Namun demikian dalam mendeskripsikan kepemimpinan senantiasa terdapat variabel-variabel:
a.              Adanya pemimpin
b.             Adanya kelompok yang dipimpin
c.              Adanya tujuan atau sasaran yang ingin dicapai
d.             Adanya aktivitas
e.              Adanya interaksi
f.               Adanya otoritas
Pengertian kepemimpinan merupakan suatu deskripsi tentang kegiatan seseorang yang dinilai sebagai pemimpin, dan terdapat aspek-aspek:
a.              Posisinya sebagai pusat
b.             Peranannya sebagai pemberi arah
c.              Sebagai penggerak dari suatu aktivitas
d.             Memberikan bentuk dalam kegiatan secara terarah dan jelas.
2.             Fungsi Pemimpin
Terdapat tiga tugas atau fungsi utama dari pemimpin yaitu:
a.              Seorang pemimpin bertugas memberikan struktur yang jelas dari situasi-situasi yang rumit yang dihadapi oleh kelompoknya (structuring the situation).
b.             Seorang pemimpin bertugas mengawasi dan menyalurkan perilaku kelompok yang dipimpinnya (controlling group behavior). Hal ini juga berarti pemimpin bertugas mengendalikan perilaku anggota kelompoknya.
c.              Seorang pemimpin bertugas sebagai juru bicara kelompok yang dipimpinnya (spokeman of the group). Seorang pemimpin harus dapat merasakan dan menerangkan kebutuhan-kebutuhan kelompok yang dipimpinnya ke dunia luar, baik mengenai sikap kelompok, tujuan, harapan, ataupun hal-hal yang lain.
3.             Tipe Pemimpin
Terdapat tiga macam tipe pemimpin, yaitu tipe otoriter, demokratik, dan laissez faire.
a.              Tipe otoriter yaitu pemimpin tersebut dalam menjalankan kepemimpinannya menggunakan otoritas yang ada padanya, pada umumnya memberikan perintah dengan paksaan, memaksakan apa yang ada dalam diri pemimpin agar dapat diterima oleh orang yang dipimpin.
b.             Tipe demokratik yaitu di mana pemimpin memberikan kesempatan pada yang dipimpin untuk ikut aktif ambil bagian, ikut turut dalam proses kepemimpinan.

c.              Tipe laissez faire yaitu pemimpin memberikan kebebasan sepenuhnya kepada yang dipimpin, tidak ikut aktif dalam kegiatan kelompok yang dipimpinnya, tidak ikut aktif dalam menentukan tujuan kegiatan kelompok, tidak ikut aktif bagaimana cara penyampaian tujuan tersebut dan sebagainya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar